Minggu, 27 Maret 2011

Borland Delphi merupakan bahasa pemrograman yang cukup digemari selain Visual Basic. Namun banyak pengguna Delphi yang merasa kesulitan ketika ingin menggunakannya didalam Windows Seven. Berbeda dengan pendahulunya Windows XP, kita dapat dengan mudah menginstal dan menggunakan aplikasi Borland Delphi 7 yang telah terinstal.

Pada Windows Seven kita dapat dengan mudah menginstal Borland Delphi, tetapi tidak untuk menjalankan aplikasinya. Ada file yang tidak dapat terbaca oleh sistem walau sebenarnya file tersebut telah ikut terinstal.

Implementasi

Saya asumsikan anda telah menginstal Borland Delphi 7 kedalam PC anda dengan OS Windows Seven. Ikuti petunjuk selama proses peng-instalan berlangsung.

Jika proses peng-instalan telah selesai, sistem akan meminta anda untuk me-restart PC anda. Restart PC anda setelah proses instal selesai dilakukan.

Jalankan aplikasi Delphi 7 yang telah terinstal.

Klik File >> New >> Application

maka akan ditampilkan kotak pesan sebagai berikut..

Pesan Error

Perhatikan kotak pesan diatas, file delphi32.dro tidak dapat terbaca oleh sistem pada Windows Seven sehingga aplikasi Delphi yang kita instal tidak dapat digunakan/error.

Untuk dapat menggunakannya, yang perlu dilakukan adalah copy file delphi 32.dro dari komputer lain atau komputer teman anda yang telah terinstal Delphi 7 dengan menggunakan OS Windows XP. Kemudian paste pada path diatas (C:\Program files\Borland\Delphi7\Bin) kedalam PC anda yang menggunakan OS Windows Seven. Jalankan kembali aplikasi Delphi 7 anda, klik File >> New >> Application. Aplikasi Delphi 7 anda sudah siap untuk digunakan.

Semoga ini dapat membantu teman-teman pelajar/mahasiswa yang sedang belajar Borland Delphi 7 dengan menggunakan Windows Seven.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar